Posted on Leave a comment

Apa Itu Perusahaan Jasa Maklon?

maklon berasal dari bahasa Belanda yakni makloon

Banyak orang sudah paham bahwa istilah jasa maklon sudah populer di dalam dunia garmen atau industri pakaian. Apakah kalian pernah mengenala atau setidak nya tahu perusahaan-perusahaan yang menawarkan jasa maklon? Atau kalian malah sama sekali belum tahu apakah perusahaan jasa maklon itu? Nah, kebetulan sekali jika kalian belum paham mengenai arti jasa maklon atau bahkan maklon itu sendiri, karena di bawah ini akan dibahas mengenai apa itu maklon. 

Definisi Jasa Maklon 

Karena tidak semua orang paham betul atau mungkin malah tidak tahu sama sekali dengan apa yang di sebut jasa maklon, maka tidak heran jika banyak orang yang bertanya-tanya “apa dan bagaimana si maklon itu?”. Faktanya kata maklon berasal dari bahasa Belanda yakni makloon. Pada dasarnya maklon sangat populer di dunia garmen atau bisnis pakaian yang bisa dikenal juga dengan bisnis clothing. Intinya maklon ini erat sekali hubungannya dengan dunia penjahitan. Sederhananya maklon adalah jasa pengerjaan suau produk yang dilaksanakan oleh pihak lain. Pada umumnya ada dua jenis produk maklon yaitu finished produk atau produk yang sudah jadi dan produk yang masih setengah jadi. Nah, mengapa maklon di kategorikan dalam bidang jasa? Karena untuk mengerjakan produk yang telah dipesan disini mereka meelibatkan pihak lain. Oleh karena itu, kalian dapat meminta contoh-contoh produk kepada perusahaan yang akan membuatkan produk. 

Idealnya transaksi jasa maklon dilakukan oleh dua pihak dimana pengguna jasa berkedudukan sebagai pemilik barang dan pihak penyedia jasa berkedudukan sebagai subkontraktor. Untuk menentukan pemberian jasa dapat atau tidaknya dikategorikan sebagai jasa maklon, maka pemberian jasa tersebut harus memenuhi beberapa persyaratan seperti pengguna jasa atau pemilik barang berhak untuk menentukan spesifikasi barang dan pengguna jasa atau pemilik barang harus menyediakan sebagian atau seluruh barang dan kemudian barang-barang tersebut akan dimiliki oleh pengguna jasa. Selain maklon ada beberapa istilah untuk menggambarkan jasa maklon ini seperti Cut Make Trim yang disingkat CMT. Umumnya pada CMT ini bahan-bahan yang digunakan sebagai bahan produksi akan disediakan oleh pihak pengguna jasa. 

Pada umumnya jasa maklon menyediakan layanan khusus dimana mereka membuat sample barang yang dipesan oleh pengorder atau disebut dengan proofing. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahpahaman antara pihak pengguna jasa dan pemberi jasa mengenai konsep, desain, dan juga detail dari barang yang dipesan. Dalam jasa maklon garmen, pemberi jasa biasanya akan memberlakukan metode Cut Make Trim atau CMT tadi. Dimana proses pengerjaan pesanan dimulai dari memotong pola yang diinginkan, kemudian dilanjutkan dengan menjahit dalam proses ini termasuk juga proses-proses lain seperti menyablon, membordir, dan lain-lain. Setelah semua tahapan selesai, maka tahap terakhirnya adalah pengemasan dan pesanan pun siap untuk diberikan kepada pihak pengguna jasa. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *