Posted on Leave a comment

Cara menghitung kalender ovulasi sendiri

kalender ovulasi

Langkah utama untuk bisa menjalani program kehamilan, adalah dengan mengetahui kalender ovulasi atau kalender masa subur. Masa subur akan ditentukan oleh siklus menstruasi. Setiap wanita memiliki masa menstruasi yang berbeda-beda dengan rentang waktu hingga 24 sampai 38 hari. Diantara siklus menstruasi, wanita akan merasakan ovulasi yaitu sel telur akan dilepaskan ke Rahim dan sudah siap untuk dibuahi oleh sperma. 

Mengapa anda perlu mengetahui kalender ovulasi? 

Seorang wanita akan sangat berpeluang untuk hamil jika wanita tersebut sedang mengalami masa ovulasi. Sel telur hanya akan bertahan sampai 12 atau 24 jam sehingga penting bagi setiap pasangan untuk melakukan hubungan seksual pada masa subur tersebut. 

Pasangan harus melakukan hubungan setidaknya sebelum masa ovulasi wanita terjadi karena sel sperma yang diproduksi oleh pria hanya bisa hidup di organ reproduksi wanita hingga 5 hari. 

Bagaimana cara menghitungnya? 

Cara menghitungnya kalender ovulasi memang sangat mudah, anda hanya perlu mengingat jika anda memiliki siklus menstruasi di 28 hari dalam sebulan maka masa subur akan terjadi di hari ke 14. Perhitungan ini bukan tidak akurat, tetapi faktor siklus menstruasi yang berbeda setiap wanita akan menghasilkan ovulasi yang berbeda. oleh karena itu pentingnya untuk membuat kalender ovulasi sendiri. Ketentuannya adalah: 

  1. Hari pertama ovulasi dapat dihitung dengan siklus menstruasi terpendek yaitu 18 hari. Jadi cara menghitungnya misalnya masa menstruasi 28 hari maka anda hanya perlu mengurangkan 28-18 sehingga masa ovulasi terjadi di hari ke 10 setelah hari pertama menstruasi. 
  2. Hari terakhir ovulasi dikurangi siklus terpanjang dengan 11. Contohnya jika anda memiliki masa haid di 32 hari maka 32-11 hasilnya 21. Hasil dari perhitungan tersebut menunjukkan hari terakhir dari kalender ovulasi. 

Berdasarkan ketentuan perhitungan diatas, dapat disimpulkan bahwa masa ovulasi terjadi di hari ke 10 atau 21 setelah hari pertama haid. Jika anda masih bingung dengan perhitungan kalender ovulasi diatas, anda dapat menghitung menggunakan kalkulator masa subur. Namun, bukan berarti sudah melakukan hubungan seksual pada masa subur akan langsung hamil pada bulan tersebut. Anda juga wajib mempelajari kriteria hamil lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *