Posted on Leave a comment

Jenis Dan Karakter Pipa Schedule

pipa sch 40

Berbicara mengenai pipa sch 40, tentu tidak lepas dari jenis pipa schedule. Namun apa yang dimaksud dengan pipa schedule itu sendiri? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, ada baiknya jika Anda simak penjelasan singkat berikut ini : 

Pipa schedule dan karakteristiknya

Pipa dikenal sebagai batang panjang yang memiliki tampilan bulat dan berlubang di bagian tengahnya. Sedangkan schedule atau biasa disingkat menjadi sch itu dikenal sebagai istilah yang digunakan untuk menyebut tingkat ketebalan pipa. Istilah tersebut digunakan berdasarkan standar ANSI.

Sementara itu, untuk tingkat ketebalan pipa itu sendiri umumnya dipengaruhi oleh ukuran diameter dari bagian luar pipa hingga diameter yang ada di bagian dalam pipa. Schedule sendiri hadir dengan nominal yang bervariasi namun tentunya nominal yang digunakan olehnya tersebut dibuat dalam ukuran inch. 

Jenis  pipa schedule 

Pipa schedule hadir dengan tiga jenis pipa yang berbeda antara satu dengan lainnya. Pertama adala pipa schedule standard atau STD, kedua pipa schedule extra strong atau XS dan yang ketiga adalah pipa schedule double extra strong atau XXS. Seperti halnya pada pipa sch 40 yang berarti memiliki schedule 40 dan begitupun pada pipa dengan ukuran sch lainnya. 

Dalam memperhatikan penomoran pipa, pastikan pula untuk melihat bagian belakang yang dimilikinya. Misalkan pipa tersebut ditulis dengan angka 40s, maka dapat dipastikan bahwa huruf s yang disimpan dibagikan belakang angka tersebut untuk menunjukkan jenis bahan yang dimilikinya. Seperti halnya huruf s untuk jenis bahan stainless steel. 

Pipa schedule 40 

Untuk jenis pipa yang satu ini ia dikenal dengan dua jenis pipa yang berbeda. Pipa pertama memiliki nama pipa UOE, sedangkan jenis pipa selanjutnya adalah pipa tanpa sambungan. Pipa UOE adalah jenis pipa sch yang dibuat dengan bahan material dari pelat baja atau profil strip dan dilengkungkan dengan menggunakan mesin rol hingga dirinya terbentuk menjadi sebuah pipa. 

Sementara itu, untuk pipa sch tanpa sambungan adalah jenis pipa yang justru tidak memiliki sambungan sama sekali. Hal ini berkaitan dengan pembuatan pipa tersebut yang dilakukan dengan menggunakan silinder dari baja pejal dan kemudian dilubangi pada bagian tengahnya. Untuk proses membuat lubangnya itu sendiri dilakukan ketika baja berada dalam kondisi yang hampir meleleh

Pipa schedule 80 

Untuk pipa schedule 80 ia memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan jenis pipa schedule tanpa sambungan. Bahkan untuk proses pembuatan serta pembentukannya pun sama. Sedangkan yang membedakan hanya terlihat dari segi ukuran yang dimilikinya saja. 

Dari penjelasan singkat di bagian atas tadi, dapat Anda lihat bahwa jenis pipa schedule ini umumnya digunakan dalam bidang industri atau bahkan pada proyek pembangunan. Seperti halnya diaplikasikan sebagai tiang, rangka, atau bahkan digunakan untuk mengalirkan beragam jenis cairan yang dibutuhkan. 

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai pipa sch 40, 80 dan juga karakteristik yang dimilikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *